Beranda > Adab Islam > Cara Pengucapan/Tulisan Salam Yang Benar

Cara Pengucapan/Tulisan Salam Yang Benar


Salam dalam Islam (Assalamualaikum / as-salāmu `alaykum) adalah sebuah sapaan yg didalamnya terdapat doa keselamatan, Assalamualaikum ini artinya adlh smoga kamu trselamatkan dari sgala duka, kesulitan dan nestapa. Ibnu Al-Arabi di dlm kitabnya Al-Ahkamul Qur’an mngatakan bhwa Salam adlh salah satu ciri2 Allah SWT dan berarti “Semoga Allah mnjadi Pelindungmu”, dgn dasar ini mari kita sjenak mngupas tata cara salam dlm Islam yg baik & benar, krena tdk sdikit saya scara prbadi banyk sekali mnemukan kesalahan2 dlm pnyampaian salam, & tdk mnutup kmungkinan juga kita scara tdk disadari prnah mnyampaikan salam yg salah, jdi mari kita evaluasi bersama2 mngenai salam ini.

Rasulullah SAW memberi salam kepada keluarganya, sahabatnya, & pda seluruh umat muslim dgn Lafadz “Assalamualaikum” dan dalam menjawab salam rasulullah memakai lafadz “Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh”.

Dikhidupan sehari2, kita sering mnemukan orang yg berkirim2 salam atau mnitipkan salam kpda temannya, sahabat, rekan, keluarga & yg lainnya mlalui seorang prantara baik itu mlalui tmannya tman kita, sahabatnya sahabat kita & yg lainnya bhkan saya juga yakin kita smua prnah mlakukan hal trsebut, tapi tahukah anda bhwa kita sring skali mlakukan kbiasaan kirim salam / titip salam dgn cara yg salah yaitu sperti ini : “Tolong smpaikan salam saya kpda si fulan” atau “Salam ya ke si fulan” atau “Salamin ya ke si fulan” & dgn brbagai gaya bhasa lainnya, padahal cara yg bnar dlm mngirimkan salam / menitipkan salam melalui seorang perantara adlh seperti ini : “Tolong smpaikan salam Assalamualaikum kpda si fulan”, atau “Salam assalamualaikum ya ke si fulan” atau “Salamin assalamualaikum ke si fulan”. intinya dlm mengirimkan/menitipkan salam kita hrus jlas mnyebutkan Assalamualaikum dlm kata2 titipan salam kita trsebut.

Kmudian kslahan lain yg sring trjadi & mngkin tnpa kita sadari jga yaitu dlm pnyingkatan salam “Assalamualaikum” dlm pnulisan SMS, chatting, surat, email * lainnya, kita tdk bisa seenaknya saja mmpersingkat salam “Assalamualaikum” ini knapa dmikian? krena sesuai dgn yg saya utarakan diawal bhwa salam dlm islam adlh sapaan yg didlmnya trdapat doa kslamatan, Pnyingkatan yg salah dlm kbiasaan kita adlh sperti ini : “As”, “Ass”, “Akum”, “Askum”, “Ass. Wr.Wb”, “Mikum”, “Samelekom” & masih bnyak lagi pnyingkatan salam dgn gaya & bhasa gaul lainnya yg ksemuanya itu malah mnjadikan salam “Assalamualaikum” mnjadi brubah arti & makna sperti “Ass(dlm bahasa inggris)” memiliki arti yg sngat parah yaitu keledai, orang bodoh & (maaf) pantat, lalu “Akum(gelar untuk orang2 yahudi)” adlh singkatan dari “Avde Kokhavim U Mazzalot” yg artinya “Hamba2 binatang & orang2 sesat”, jlas sekali pnyingkatan yg trtera diatas sngat jauh dari mkna doa kselamatan dlm “Assalamualaikum”.

Lalu apkah sbenarnya kita ini boleh mmpersingkat salam “Assalamualaikum” dlm penulisan? tentu saja boleh tapi dgn pnyingkatan yg bnar yaitu “As Salam”, bukan penyingkatan yg sperti diatas tlah diuraikan, “As-Salaam” adlh singkatan yg benar dari “Assalamualaikum”, As-Salaam (Maha Sejahtera) adlh satu dari Nama2 Agung Allah SWT dalam surat Al-Hasyr ayat 23.

Satu lagi ksalahan dlm pngucapan salam yg trkadang sekilas ini sperti bnar, bhkan tdk sdikit pula yg mngucapkan salam ini adlh orang2 yg bertitle Haji, hajah, ustad & tokoh2 msyarakat lainnya, atau mngkin kita jga prnah mngucapkannya, sperti apkah pngucapan salam yg salah tapi sperti benar itu? yaitu salam “Assalamualaikum” yang ditmbahkan kata “Ta’ala”, saya yakin kita semua pasti prnah mndngar pngucapan “Assalamualaikum” dgn ditambahkan kata “Ta’ala”, biasanya diucapkan sperti ini “Assalamualaikum warahmatullahi ta’ala wabarakatuh”, sekilas pngucapan salam seperti itu trdengar begitu bagus & trdengar bgitu bnar, pdhal ini adlh salah, brdasarkan kitab Al-Adzkar – Imam Nawawi, nabi besar kita Muhammad Saw telah mngajarkan kita cara salam ssama umat islam dgn 3 ucapan salam yaitu :

1. Assalamualaikum

2. Assalamualaikum Warahmatullah

3. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Cara Memberi salam sesama umat islam ini ada dalam hadist Nabi, disinilah knapa mnambahkan “Ta’ala” dlm salam “Assalamualaikum” adalah salah.

Kategori:Adab Islam
  1. 22 Juni 2012 pukul 15:49

    terimaksih banyak infonya mas ,, saya jadi mengerti nih …

    • ahmad229
      28 Juni 2012 pukul 16:33

      sama2,smga bermanfaat..

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: